Selamat Datang

Selamat Datang di Situs Layanan Informasi Penyuluhan Perikanan

Rabu, 17 Agustus 2016

Mesin Penarik Tali Kerut Jaring Purse Seine (Kapstan) Bertenaga Hidrolik



TUJUAN DAN MANFAAT PENERAPAN TEKNOLOGI

Alat Bantu Mesin Penangkapan Mesin Penarik Tali Kerut Jaring Purse Seine (Kapstan) Bertenaga Hidrolik adalah merupakan alat bantu yang digunakan dalam operasi penangkapan ikan untuk membantu memperingan, mempermudah nelayan skala kecil dan menengah dalam proses penarikan tali kerut jaring purse seine yang biasa ditarik dengan tenaga diesel langsung yang kurang aman, tidak praktis dan tidak efektif. Dengan menggunakan mesin penarik sistem tenaga hidrolis, maka tali kerut tali dapat ditarik dengan sangat aman, mudah, praktis, ringan dan lebih cepat sehingga bisa melakukan operasi penangkapan lebih banyak.


1.   Persyaratan Teknis Penerapan Teknologi

Teknologi Alat Bantu Mesin Penangkapan berupa Mesin Penarik Tali Kerut Jaring Purse Seine (Kapstan) Bertenaga Hidrolik adalah merupakan alat bantu penangkapan yang dirancang hanya untuk tali kerut jaring pada pengoperasian alat penangkapan ikan purse seine khususnya ukuran mini purse seine berukuran panjang jadi <400meter, dalam jaring teregang maksimal 90meter, dan berat beban penarikan jaring di dalam air ±1.000 kg yang dioperasikan oleh kapal secara melingkar terhadap gerombolan ikan pada daerah penangkapan dengan kedalaman perairan yang sesuai sebagai upaya agar alat tangkap dan proses penarikan jaring dapat dioperasikan secara efektip dan efisien.

2.   Sarana apung (kapal) dan peralatan yang perlu disiapkan :

Di dalam pemasangan alat bantu mesin penarik ini, jenis kapal dan peralatan /permesinan yang diperlukan adalah :

§      Hanya diperuntukan bagi kapal penangkapan ikan jenis mini purse seine jenis operasi satu kapal, dengan kapal berukuran 10 – 25GT (khusus untuk ukuran desain mesin penarik seperti tersebut dalam spesif ikasi desain).

§      Ukuran utama / dimensi kapal yang direkomendasikan : Panjang Kapal (LOA) = 15 – 17 meter

Lebar Kapal (B) = 4 – 5 meter

Tinggi kapal (H) = 1,50 - 1,75 meter ; Draft Kapal (D) = 0,5 – 1 meter

§     Harus ada motor diesel penggerak pompa hidrolik sebagai sumber tenaga sistem hidraulik (menyatu dalam unit kotak tangki), baik berupa diesel independent (stasioner) atau dipasang (dikopel) terhadap motor induk penggerak kapal.

3.   Cara Penerapan Teknologi

§     Mempersiapkan posisi kedudukan mesin penarik di atas geladak haluan pada sisi lambung kanan atau kiri tergantung kebiasaan operasi pelingkaran jaring purse seine yang dilakukan (tiap daerah bisa berbeda).

§   Mempersiapkan dan menyesuaikan posisi penempatan konstruksi mesin penarik tali kerut sesuai tata letak geladak (Deck Lay Out) kapal yang ada.

§   Memasang dan atau menambahkan balok-balok penguat fondasi mesin penarik terhadap balok galar geladak kapal yang sudah ada.

§   Memasang dudukan kapstan gardan pada bekas dudukan lama dengan penyesuaian penambahan balok-balok penegar penguat dan pembautan geladak.
§       Memasang kapstan gardan di atas dudukan dengan pengikatan baut.

§   Memasang dudukan diesel penggerak, kotak pompa pada geladak tengah agak kebelakang dengan penambahan balok penegar penguat dan pembautan geladak, serta memasang diesel penggerak dan kotak pompa disambung kopel pada fondasi dudukannya, pengikatan baut.


 
 Gambar Posisi Mesin Penarik Tali Kerut Pada Kapal Mini Purse Seine
 

§    Memasang pipa-pipa saluran tekan dan saluran kembali menyusur geladak dan bulwak bagian dalam, pengikatan klem plat, memasang flexible hose pada ujung pipa saluran tekan dan saluran kembali, dan pada komponen system hydraulic (saluran tekan pompa, motor hydraulic, dan control valve).

4.   Tahapan pengoperasian :

§     Operasi penarikan tali kerut menggunakan mesin penarik dilakukan sesegera mungkin setelah jaring purse seine selesai ditebar dengan cara melingkari gerombolan ikan permukaan.

§    Penarikan harus secepat mungkin selama beban terasa ringan, namun harus diperlambat jika tampak sebagian pelampung ikut tertarik tenggelam ke bawah air.

§     Penarikan harus segera diperlambat untuk kemudian dihentikan pada saat rangkaiaan cincin sudah naik seluruhnya ke permukaan air di sisi lambung kapal.

 
Gambar 1. Ilustrasi Penarikkan Tali Kerut Purse seine Paska Penebaran Jaring



Desain Mesin Penarik Tali Kerut Purse Seine (Kapstan) Bertenaga Hidrolik



Gambar 2. Desain Mesin Penarik Tali Kerut Purse Seine (Kapstan) Bertenaga Hidrolik


Sumber: Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan KKP 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar