Selamat Datang

Selamat Datang di Situs Layanan Informasi Penyuluhan Perikanan

Senin, 12 September 2016

PENGOPERASIAN DAN PERAWATAN GILLNET MILLENNIUM

A. PENGOPERASIAN GILLNET MILLENNIUM



Operasional jaring insang dasar millennium dalam skala besar memakan waktu rata-rata 35 hari. Lima hari pertama diperlukan untuk bernavigasi menuju daerah penangkapan ikan, demikian juga pada lima hari terakhir diperlukan untuk bernavigasi kembali ke home base. Dengan demikian, hari operasi untuk gillnet millennium adalah 25 kali setting.
Bagi perikanan skala kecil dapat mengoperasikannya dengan jumlah hari operasi pendek (5-7 hari). Operasi tergantung dari peralatan yang dimiliki.


a.
Persiapan pengopersian
Kegiatan pengoperasian jaring insang dasar diawali dengan persiapan yang meliputi langkah-langkah sebagai berikut:
Rangkaian jaring insang millennium skala besar terdiri dari 100 pis ditempatkan pada geladak kapal, kemudian menyiapkan rangkaian perlengkapan lainnya, seperti pelampung tanda yang difungsikan sebagai selambar dan tali bantu.

b.
Pengoperasian (setting)
Setelah persiapan pengoperasian dilakukan dan kapal sudah sampai di fishing ground, maka jaring insang siap untuk di pasang/ditebar, alangkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut:


1.
Jaring ditebar setelah matahari terbenam, diawali dengan penerjunan pelampung tanda. Tali ini diikat menjadi satu dengan tali bantu dan tali pelampung bersamaan dengan diterjunkannya jangkar. Kemudian diikuti dengan penurunan rangkaian jaring.


2.
Penebaran jaring diusahakan jangan saling membelit.


3.
Penurunan tali ris bawah (pemberat) diusahakan memperhatikan posisi jaring sehingga pemberat tidak membelit pada lembaran jaring.


4.
Penebaran jaring memakan waktu rata-rata 2 jam (kondisi baik). Setelah semua rangkaian jaring diturunkan, kapal berputar menuju pelampung tanda pertama untuk hauling. Untuk menuju pelampung tanda pertama diperlukan waktu rata-rata 1 jam.


5.
Pada cuaca buruk, rangkaian jaring langsung ditarik.




b.
Penarikan (hauling)
Penarikan dilakukan sebagai berikut:

1.
Rangkaian jaring ditarik dan diangkat ke atas kapal, pengangkatan jaring insang diawali dari pelampung utama yang diterjunkan paling awal.


2.
Tali Bantu yang  sudah dirangkai dengan tali pelampung ditarik dan dipasang pada kapstan (line hauler). Satu petugas khusus menangani tali ini, bekerjasama dengan pengendali mesin kapstan. Petugas lain membuka ikatan tali Bantu dari rangkaian jaring insang.


3.
Selama rangkaian jaring insang ditarik, ikan-ikan yang tertangkap diambil, dan jaring langsung disusun secara teratur untuk memudahkan pengoperasian selanjutnya.


4.
Penarikan rangkaian jaring memakan waktu selama rata-rata tujuh jam bila tidak terjadi hambatan.


5.
Dalam operasi pengangkatan jaring, kapal selalu diusahakan mengikuti arah penarikan jaring dengan selalu menyesuaikan posisi haluan kapal agar penarikan menjadi ringan dan jaring tidak membelit propeller.


B. PERAWATAN GILLNET MILLENNIUM 


Perawatan alat tangkap harus dilakukan secara teratur agar unit alat penangkap ikan dapat berumur panjang dan selalu siap untuk digunakan kembali.

Jaring insang millennium terdiri dari 6-10 serat monofilament. Jenis bahan ini rentan sekali terhadap sinar matahari, sehingga akan mengurangi umur jaring. Oleh karena itu jaring insang millennium harus disimpan pada tempat yang terhindar dari pengarung sinar matahari langsung.

Penyimpanan  jaring harus teratur dan rapi, serta tetap terpelihara keutuhan untuk mencegah kusut agar selalu siap untuk digunakan.

Bila terjadi kerusakan pada jaring, harus segera diperbaiki supaya tidak tambah rusak dengan cara sebagai berikut:

Bentuklah kerusakan tersebut agar mudah diperbaiki dengan jalan memotong.




Setelah dibentuk untuk memudahkan perajutan, mulailah perbaikan dari salah satu simpul berkaki tiga (simpul ‘a’), Diakhiri dengan membuat simpul pada kaki tiga terakhir (simpul b)




Sumber: BPPP Ambon











































1 komentar: