Selamat Datang

Selamat Datang di Situs Layanan Informasi Penyuluhan Perikanan

Minggu, 11 September 2016

CARA PEMBUATAN GILLNET MILLENNIUM

a.
Merakit jaring


1.
Mengukur tali ris yang akan dipergunakan dengan cara menarik ujung tali dibagian tengah agar tidak kusut


2.
Memotong tali yang akan digunakan sepanjang yang diperlukan ditambah dengan kelebihan 1 meter tiap-tiap ujung (tali ris atas 73 m + 2 m = 75 m).



3.
Mengikat ujung tali ris tersebut agar tidak terurai.


4.
Mengikat salah satu ujung tali pada patok/tiang, kemudian menarik ujung yang lain kuat-kuat dan melepaskan dengan kejutan agar tali tidak kusut atau membelit-belit dalam tarikan setelah dipasang.


5.
Memasukkan tali pada lembaran jaring
Lembaran jaring yang akan dirakit, dimasuki tali gantung pada ujung lembaran jaring bagian atas dan bawah. Tali pelampung dimasukkan pada lubang pelampung dan tali pemberat dimasukkan pada pemberat.


6.
Penentuan ukuran penggantungan jaring
Sebelum webbing digantung, beri tanda pada tali pelampung dan tali pemberat tempat webbing akan digantungkan sesuai dengan hanging ratio yang telah ditentukan. Pada tali pelampung, hanging ratio atas adalah 49.8% dan pada bagian pemberat, hanging ratiobawah adalah 57.4%. Pada ibagian bawah jaring lebih panjang dengan harapan agar pada saat jaring terdorong arus maupun ditarik, jaring bagian atas tidak terangkat.


7.
Pemasangan pelampung
Mengikatkan tali ris atas dan tali pelampung pada dua buah tiang yang jaraknya berjauhan, beri tanda pada tali pelampung setiap jarak 69 cm. Coban yang terisi benang diikatkan pada ujung lembaran jaring yang telah diberi tanda. Ikat tali ris pada jarak 34 cm berisi 6 mata jaring.


8.
Pemasangan pemberat
Pemberat yang terpasang merata sepanjang tali ris bawah, terbuat dari timah hitam  yang beratnya 20 gr sebanyak 384 buah dan jarak 68 cm berisi 10 mata jaring . Pemasangan pemberat sama dengan pemasangan pelampung. Untuk memudahkan pemasangan, pada jarak 68 cm diisi mata jaring sebanyak 5 mata, atau pada jarak 21,7 cm diisi 3,3 mata jaring (68 cm berisi 10 mata jaring).


b.
Membuat komponen pelengkap

1.     
Pelampung Umbul
Pelamapung umbul merupakan tanda satu unit gillnet millennium yang terbentang diperairan agar dapat membantu keberadaan posisi gillnet. Pelampung umbul tersususun dari komponen bambu, bendera, pemberat  dan pelampung.


2.     
Tali pelampung umbul
Tali pelampung umbul terbuat dari tali PE Ø 6 mm panjang 1.2 -1.5 kali kedalaman perairan. Kedua tali dibuat anyaman mata, salah satu ujungnya diikatkan pada pelampung umbul,dan satu ujung lainnya diikatkan pada jaring.


3.     
Pemberat jangkar
Jangkar terbuat dari besi beton eser Ø 16 mm, panjangnya ± 50 cm dan berat diudara ± 10 kg, dibentuk menyerupai jangkar agar dapat mencengkeram dasar perairan dan cukup kuat untuk mempertahankan kedudukan jaring dari pengaruh arus laut.


4.     
Membuat tali jangkar
Tali jangkar terbuat dari bahan PE Ø 8 mm, panjang 10 meter. Pada kedua ujung tali dibuat simpul mata, kemudian salah satu ujungnya diikatkan  pada jangkar dan satu jung lainnya diikatkan pada jaring.


5.     
Merangkai jaring
Dalam satu unit alat tangkap gillnet millennium terdiri dari beberapa pis jaring. Agar bentangan lembaran jaring tidak memberi peluang ikan sasaran melepaskan diri, maka ujung lembaran jaring disambung dengan ujung lainnya dengan cara sambungan point ke point.


Sumber: BPPP Ambon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar