Selamat Datang

Selamat Datang di Situs Layanan Informasi Penyuluhan Perikanan

Rabu, 15 Juli 2015

PENANGANAN HAMA DAN PENYAKIT IKAN BOTIA



Penyakit Yang Disebabkan Oleh Parasit
Jenis Penyakit
Penyebab dan Gejala
Pengobatan
Kimia
Alami
White spot
Disebabkan oleh  protozoa Ichthyopthyrius multifillis. ikan yang telah terserang penyakit ini biasanya menjadi malas berenang dan cenderung mengapung dipermukaan air. Terlihat adanya bintik putih, terutama bagian sirip, tutp insang dan ekor. Ikan sering terlihat menggosok-gosokan tubuhnya kedasar kolam atau di aquarium pada benda keras.
Methylene blue 1%
Stock solusen 10 gr perliter air dosis pemakaiannya 10 ml per 100 air aquarium. Direndam selama 24 jam. 
Botia yang terserang penyakit yang disebabkan oleh parasit dapat diberikan ekstrak sambang darah. Dosis yang digunakan yaitu 0,5 ml ekstrak sambang darah untuk  5 liter air. Botia yang terserang penyakit didipping setiap hari selama 30-60 menit, sampai botia benar-benar sembuh.

Penyakit Yang Sebabkan Oleh Bakteri
Jenis Penyakit
Penyebab dan Gejala
Pengobatan
Kimia
Alami
Bakteri Aeromonas
Penyebab penyakit ini adalah bakteri aeromonas yang biasa menyerang bagian tubuh ikan mulai dari sisik, sirip, insang sehingga mengakibatkan terjadinya infeksi dan pendarahan pada tubuh ikan. Ikan yang sakit biasanya  berenang ke permukaan dan menggosok-gosokan badannya kedinding aquarium karena gatal. Gerakan tutup insang akan terlihat lebih cepat karena pertukaran gas oksigen, karbodioksida dan amoniak terganggu fungsinya serta ikan cenderung bergerombol.
Rendamlah ikan botia yang sakit selama 5-10 menit dalam larutan garam yang berkadar 0,1-0,3 ppm setelah itu ikan yang telah direndam cuci kembali dalam air tawar yang bersih.
Botia yang terserang penyakit yang disebabkan oleh parasit dapat diberikan ekstrak kunyit. Dosis yang digunakan yaitu 0,5 ml ekstrak kunyit untuk  5 liter air. Botia yang terserang penyakit didipping setiap hari selama 30-60 menit, sampai botia benar-benar sembuh.

DAFTAR PUSTAKA

http://palangkaraya.bkipm.kkp.go.id/llmp.html

Lingga, Pinus dan Heru Susanto, 2001. ”Ikan Hias Air Tawar”. Penebar Swadaya, Jakarta.

Dalimartha, S. , 2004. ”Atlas Tumbuhan Obat Indonesia”. Puspa Swara, anggota IKAPI, Jakarta.

Yusuf D.M. dan Syafei L.S, 2005. Buku Seri Kesehatan Ikan “Botia Sehat Produksi Meningkat”. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian, Jurusan Penyuluhan Perikanan, Bogor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar