Selamat Datang

Selamat Datang di Situs Layanan Informasi Penyuluhan Perikanan

Sabtu, 13 April 2013

MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN MENGHADIRI PANEN RAYA UDANG VANAME DAN PERESMIAN UNIT PELAYANAN TEKNIS (UPT) TERPADU DI KECAMATAN PONTANG KABUPATEN SERANG

Kunjungan Kerja Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) di Kabupaten Serang dilaksanakan pada 12 April 2013.Dalam Kunjungan Kerjanya Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sharif C.Sutardjo hadir Pemerintah Daerah Provinsi Banten Gubernur Hj. Ratu Atut Chosiyah dan Bupati Serang H.A.Taufik Nuriman bersama-sama melakukan panen raya udang vaname di Desa Sukajaya, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang. Hadir juga dalam kegiatan Muspida Provinsi Banten dan Kabupaten Serang, Para Kepala Dinas KP Kabupaten/Kota Se-Provinsi Banten, Kepala Dinas KP Kabupaten Pelaksana kegiatan demfarm, Staf Ahli Menteri KP, Eselon I dan II Lingkup KKP, Penyuluh Perikanan perwakilan se-Provinsi Banten, Pelaku Utama/Usaha Perikanan, masyarakat sekitar dan para tamu undangan lainnya.

 
Gubernur menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Banten memiliki kebijakan dalam pembangunan sektor kelautan dan perikanan yaitu mengembangkan kawasan minapolitan sebagai upaya percepatan pembangunan kelautan dan perikanan di sentra-sentra produksi perikanan.
 
Kebijakan itu telah sejalan dengan program industrialisasi perikanan berbasis blue economy yang menjadi fokus kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Salah satu yang menjadi kawasan minapolitan Provinsi Banten difokuskan di Kabupaten Serang seluas 729 hektar yang terdapat di Kecamatan Pontang, Tirtayasa dan Tanara dengan komoditas utama udang, bandeng, dan rumput laut yang didukung adanya lokasi demonstration farming (demfarm) yang saat ini dilaksanakan program revitalisasi tambak dengan komoditas udang vaname pada lahan seluas 90 haktar.
 
Gubernur Banten menyampaikan bahwa kondisi ini cukup potensial dalam kegiatan usaha perikanan budidaya. Saya tentunya berharap hal ini akan mampu mendorong peningkatan investasi dalam bidang budidaya udang vaname pada khususnya, maupun komoditas potensial lainnya seperti bandeng dan rumput laut pada umumnya.
 
Menteri Kelautan dan Perikanan dalam kunjungan kerjanya menyampaikan dukungnya kepada Pemerintah Daerah dalam mengembangkan sektor kelautan dan perikanan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di dalamnya. Sebagai bentuk konkrit dukungan pemerintah pusat terhadap Pemerintah Daerah tersebut, Menteri Kelautan dan Perikanan memberikan bantuan yang diterima Gubernur Banten secara simbolis dengan total nilai bantuan sebesar Rp 36.917.835.900,-.
 
 
MKP berharap melalui kegiatan kunjungan kerja ini dapat bermanfaat dan menjadi media untuk terjalinnya hubungan silaturahim serta sinergitas antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta elemen masyarakat, khususnya para Pelaku Utama/Usaha Perikanan yaitu nelayan, pembudidaya ikan, pengolah ikan dan pemasaran hasil perikanan dalam rangka bersama-sama memacu percepatan pembangunan kelautan dan perikanan di Provinsi Banten.
 
Menteri Kelutan dan Perikanan selain berkunjung ke Tambak Udang Demfarm Kampung Kemayungan Desa Sukajaya Kecamatan Pontang, juga berkunjung di Unit Pelakasana Teknis (UPT) Terpadu Kampung Pontang Desa Pontang Kecamatan Pontang Kabupaten Serang yang baru dibangun sekaligus untuk diresmikan oleh Bpk Sharif C.Sutardjo.
 
 

1 komentar: