Selamat Datang

Selamat Datang di Situs Layanan Informasi Penyuluhan Perikanan

Sabtu, 13 Januari 2018

ANALISA USAHA PERIKANAN BUDIDAYA


I. PENDAHULUAN 

Pembangunanan Perikanan dan Kelautan merupakan bagian integral dari pembangunanan ekonomi secara keseluruhan dan harus menunjang terwujudnya perekonomian yang maju, efisien dan tangguh yang dicirikan oleh kemampuan dalam mensejahterakan petani tambak dan nelayan sekaligus meningkatkan kemandirian serta kemampuannya dalam mendorong sektor perikanan pada umumnya.
Pembangunan Perikanan di Indonesia ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan. Salah satu upaya yang ditempuh untuk mewujudkan harapan tersebut adalah meningkatan produksi dan produktifitas usaha perikanan untuk mencapai swasembada pangan berprotein dalam rangka meningkatkan pendapatan sekaligus perbaikan gizi keluarga. Peningkatan produksi perikanan dapat dilakukan melalui kegiatan penangkapan dan yang terpenting adalah kegiatan budidaya. Dalam hal ini usaha budidaya udang merupakan salah satu alternatif yang penting, karena dapat memanfaatkan potensi lahan yang tersedia secara optimal dan menguntungkan serta memperhatikan kelestarian sumbernya.
Pembangunan usaha perikanan budidaya dituntut maju dan berkembang luas. Beranjak dari tahun 2009 produksi perikanan budidaya secara nasional sebesar 70 % setiap tahunnya guna mencapai target produksi yang diharpkan mencapai 353 % pada tahun 2014. Pengembangann usaha perikanan budidaya sangat tergantung kepada ketersediaan induk unggul dan benih berkualitas. 
Potensi sumberdaya perikanan budidaya cukup besar dengan aneka jenis ikan dan biota air laut yang bernilai ekonomis memungkinkan untuk dibudidayakan, namun demikian pemanfaatanya belum dimaksimalkan sepenuhnya sehingga kontribusi terhadap pembangunan dan perekonomian pada umumnya serta peningkatan taraf hidup masyarakat petani ikan secara khusus belum optimal.
Negara Republik Indonesia dengan iklim tropis memiliki potensi sumberdaya perikanan budidaya yang cukup besar, baik untuk pengembangan usaha air payu maupun air laut. Sebagai negara kepulauan dengan garis pantai sepanjang lebih dari 81.000 km, mempunyai areal yang potensial dalam pengembangan perikanan, khususnya untuk peningkatan produktifitas budidaya air payau seluas lebih kurang 913.000 hektar. Potensi lahan yang sedemikian luas ini sudah selayaknya dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien didalam usahah budidaya. 
Secara alami tambak di Indonesia dapat menghasilkan antara 400 – 700 kg udang tanpa input produksi yang berarti, hal ini dapat dilakukan penebaran setiap hektarnya 2 (dua) kali dalam satu tahun. Dengan harga udang yang mencapai berkisar antara 10 – 12  US $ per kg, keuntungan yang seharusnya diperoleh petani sangat menjanjikan. Luas lahan potensial bagi pengembangan tambak di Indonesia  dewasa ini telah dibangun kurang lebih 300.000 ha tambak dan hanya 30 % yang dioperasionalkan karena salah satu masalah fital adalah serangan Virus SEMBV dan cukup mematikan saat umur udang 1,5 bulan pemeliharaan. Pada umur udang seperti ini bagaimanapun penerapan tingkat teknologi, kematian masal akan sangat merugikan karena ukuran udang belum layak jual sedangkan input produksi sudah cukup banyak secara finansial. 
Analisa usaha Perikanan Budidaya bertujuan untuk mengetahui gambaran secara jelas modal atau investasi yang diperlukan untuk operasional suatu usaha kegiatan produksi tambak per musim tanam atau dalam satu tahun. Secara garis besar petani atau pelaku usaha perikanan dapat mengetahui penerimaan dan keuntungan yang diperoleh serta beberapa lama kemungkinan modal investasi tersebut dapat dikembalikan.


II. PERMASLAHAN DI LAPANGAN

 Beberapa aspek yang menyebabkan hasil budidaya tambak tidak maksimal, salah satu isu strategis adalah terbatasnya Pengetahuan dan Teknologi budidaya yang dimiliki bagi para petani tambak itu sendiri. Keterbatasan pengetahuan dan teknologi ini berakibat pada kesulitan mereka untuk dapat meningkatkan hasil produksi tambak persatuan luas. Hal ini menjadi cerminan bagi petugas Perikanan dalam hal penyeberluasan/penyuluhan bagi petani tambak. Beberapa kemungkinan penyebab  keterbatasan  pengetahuan dan teknologi petani tambak adalah :
ü  Terbatasnya jumlah dan kapasitas pengetahuan tenaga pendamping yang dimiliki oleh Dinas terkait ( Dinas Perikanan dan Kelautan, Badan Diklat Dll) dalam melakukan penyuluhan budidaya di lapangan. 
ü  Kurangnya/terputusnya koordinasi dari Instansi terkait dalam melakukan sosialisasi setiap Teknologi baru yang dihasilkan. 
ü  Secara umum petani tambak mempunyai keengganan untuk menerima teknologi budidaya baru, yang belum dipraktekkan/dilihat secara langsung oleh petani di daerah tempat usahanya. Hal ini disebabkan karena adanya ketakutan dan keraguan mengenai tepat tidaknya teknologi tersebut dalam meningkatkan produktivitas usahanya. Oleh karena itu perlu dilakukan Diseminasi teknologi budidaya bagi petani oleh petugas perikanan. 
ü  Kurangnya modal yang dimiliki petani untuk memenuhi secara infrastruktur (Jalan Inspeksi, saluran Main Canal umum, Pintu pengendali umum, Drainase umum), sebagai konsekuensi dari penggunaan teknologi baru tersebut.

Adapun faktor-faktor yang mendukung produktifitas budidaya tambak antara lain :
ü Potensi sumberdaya perikanan budidaya cukup besar dengan aneka jenis ikan dan biota air laut bernilai ekonomis (Udang, Ikan kerapu, rumput laut dll) yang memungkinkan untuk dibudidayakan. 
ü Lahan untuk usaha budidaya yang tebentang luas di di perairan pantai Indonesia.
ü Sumber daya manusia serta tenaga kerja  yang relative banyak dan murah. 


III. BIAYA DAN PENDAPATAN USAHA

a. Biaya-Biaya 
Secara umum biaya adalah sesuatu atau sejumlah uang yang dikeluarakan/dikorbankan guna mencapai suatu tujuan. Tujuan tersebut dapat diartikan sebagai pengorbanan barang atau jasa. Adapun dilihat secara khusus biaya tersebut dapat dibagi menjadi 2 (dua) investasi yaitu Biaya Tetap (fixed cost) dan Biaya Variabel (variable cost).  Biaya Tetap merupakan biaya yang besarnya tidak akan dipengaruhi oleh tingkat operasi pada periode waktu tertentu. Biaya ini harus dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan teknis meskipun tidak operasional (sedang tidak operasional). Biaya ini selalu dihubungkan dengan usia teknis sarana atau prasarana yang dipakai serta umur pakai yang berlaku lebih dari satu tahun penggunaannya. Adapun biaya tetap dalam kaitan dengan pemeliharaan udang dan ikan ditambak adalah semua biaya yang dikeluarkan untuk penyediaan peralatan-peralatan yang akan dipergunakan untuk operasional budidaya tersebut, misalnya : sewa tambak, pompa air, perbaikan konstruksi tambak, pembuatan pintu air, mekanisasi lainnya (kincir), peralatan laboratorium, peralatan sampling, peralatan panen dll.
Biaya Variabel merupakan biaya yang besarnya bervariasi mengikuti secara proposional dengan jumlah produk yang dihasilkan, biaya variabel akan nol/tidak ada apabila produksinya nol atau tidak dilakukan kegiatan usaha. Biaya variabel ini adalah biaya yang habis dalam satu periode pemeliharaan. Pembiayaan tergantung dari tingkat produksi yang akan dihasilkan serta tingkat teknologi yang diterapkan (tradisionil, teknologi madya serta teknologi intensif).


b. Pendapatan Usaha
 
Pengertian Pendapatan Usaha merupakan hasil penjualan produk yang hampir semuanya jenis ikan atau udang. Dari tingkat usaha ada 3 indikator untuk mengukur tingkat keuntungan yaitu : Keuntungan Operasional, Pendapatan Bersih dan Keuntungan bersih.  

Keuntungan Operasional diartikan sebagai perbedaan antara pendapatan kotor dengan biaya variabel. Keuntungan Operasional yang positif akan menjamin kelangsungan operasional kegiatan usaha tambak dalam jangka pendek.  

Pendapatan Bersih diartikan sebagai pendapatan yang diperoleh dengan mengurangi biaya tetap kedalam keuntungan operasional. Besarnya pendapatan bersih ini akan bisa dipergunakan untuk apa saja tanpa mempengaruhi operasional jangka panjang.  Keuntungan Bersih dihitung dari pendapatan kotor dikurangi dengan biaya total. Keuntungan bersih ini dianggap sebagai indicator keuntungan dan prospek operasi dalam jangka panjang. 

Keuntungan bersih adalah syarat utama yang akan menjamin pengoperasian tambak dalam jangka panjang. Pengertian pendapatan bagi para petani tambak adalah dari hasil penjualan produknya (ikan atau Udang). Dengan jalan mengalikan hasil produksi dengan harga jual akan diperoleh  pendapatan hasil.  Adapun pengertian keuntungan bersih, adalah pendapatan hasil dikurangi dengan pengeluaran biaya variabel. 
Sedangkan dalam menghitung tingkat keuntungan bersih dalam usaha budidaya ini dapat diketahui dengan menghitung besarnya pendapatan (Produksi x Harga Jual) dikurangi dengan Biaya Total (Biaya penyusutan + biaya operasional). Sehingga dapat diketahui berapa besar tingkat keuntungan yang dicapai pada tahun tersebut. Perhitungan ini dipergunakan untuk kelanjutan usaha pada tahap berikutnya. Oleh karena itu dalam menentukan tingkat usaha, kita harus mengetahui berapa besar keuntungan yang dapat dicapai melaui perhitungan Rugi – Laba.


IV. ANALISA EKONOMI

Ada  beberapa metode penilaian investasi yang tujuannya adalah untuk mengetahui apakah usaha tersebut dapat dikatakan layak usaha atau tidak untuk dilanjutkan/diteruskan. Karena dalam analisa ekonomi ini akan diketahui keadaan yang mencerminkan perkembangan usaha, terutama untuk masa jangka panjang, terlihat adanya perekembangan finansiilnya. Adapun analisa keuangan yang dipergunakan pada umunya adalah :
1. Analisa Payback Period
2. Analisa Benafid Cost Ratio (BCR)
3. Analisa Break Even Point/titik impas (BEP)
4. Analisa Internal Rate of Return (IRR)
5. Analisa Financial Rate of Return (FRR)
6. Analisa Payback Period of Credit)  

Payback Period adalah suatu metoda yang menggambarkan panjangnya waktu yang diperlukan agar dana yang dikeluarkan/tertanam dalam suatu investasi dapat diperoleh kembali seluruhnya. Metode ini diperlukan untuk dapat menutup kembali pengeluaran investasi dengan menggunakan aliran kas netto. Dalam perhitungan harus diketahui berapa besar dana yang dikeluarkan (Biaya Tetap + Biaya Operasional), kemudian berapa besar pendapatan yang diperoleh dalam masa.periode pemeliahraan di tambak.

Benafid Cost Ratio (BCR) adalah perbandingan antara total pendapatan selama masa tertentu (besarnya manfaat) dengan capital out lay. Besarnya nilai BCR akan menunjukkan tingkat keuntungan yang dicapai. Apabila BC ratio lebih dari 1,0 (satu), maka usaha yang dijalankan adalah layak untuk diusahakan/dapat diteruskan.

Break Even Point/titik impas (BEP) adalah suatu teknik analisa untuk mempelajari hubungan antara Biaya Tetap, Biaya Variabel, Keuntungan dan Volume Kegiatan. Oleh Karena itu analisa ini dalam perencanaan keuntungan merupakan Profit Planning Aproach yang mendasarkan pada hubungan antara biaya (Cost) dan penghasilan/pendapatan (Revenue). 

Internal Rate of Return (IRR) adalah sebagai tingkat  bunga yang akan dijadikan jumlah nilai sekarang dari proceeds yang diharapkan akan diterima sama dengan jumlah nilai sekarang dari pengeluaran modal. Metode penilaian ini dinyatakan dengan prosentase yang menunjukkan kemampuan memberikan keuntungan bila dibandingkan dengan tingkat bunga umum yang berlakupada saat usaha tersebut direncanakan. Hal ini selalu dengan coba-coba (trial and error) dalam menentukan tingkat bunga yang tepat. Biasanya IRR ini dipergiunakan dalam perhitungan analisa usaha untuk proyek yang besar. 

Financial Rate of Return (FRR) adalah tingkat pengembalian modal dalam satu tahun usaha yang dijalankan. 

Payback Period of Credit adalah jangka waktu pengembaliankridit atau modal/investasi.


Sumber: Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Balai Besar Pengembangan Budidaya  Air Payau Jepara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar