Selamat Datang

Selamat Datang di Situs Layanan Informasi Penyuluhan Perikanan

Selasa, 07 Februari 2017

TULANG IKAN SUMBER KALSIUM, JANGAN DIBUANG !!!!





Kalsium merupakan zat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh . Kira-kira 2 % dari seluruh bobot tubuh orang dewasa terdiri dari kalsium.Lebih dari 99 % kalsium ada di dalam tulang dan gigi, yaitu bersama-sama dengan fosfat membentuk Kristal tidak larut yang disebut kalsium hidroksiapatit {Ca3(Po4)2}3Ca(OH)2. Jumlah kalsium dalam plasma darah kurang lebih 10 mg/100ml dengan jumlah lebih kecil di dalam sel-sel, sedangkan jumlah fosfor kurang lebih 4 mg/100ml, lebih banyak terdapat dalam sel (Sediaoetama,2000). Disamping itu juga terdapat ion-ion lain seperti fluor, magnesium, seng dan natrium.

Kalsium dan fosfat dibutuhkan dalam jumlah besar dalam tubuh, yaitu sekitar ((% kalsium dan 80 – 90 % fosfat dalam tulang dan gigi, dan sekitar 1 % terdapat dalam jaringan lunak dan cairan tubuh ekstraseluler (Martin,1965). Sisa kalsium yang ada dalam intra dan ekstraseluler memegang peranan yang sangat vital dalam mengatur fungsi sel dan impuls syaraf.
Kalsium memegang peranan yang sangat penting di dalam tubuh diantaranya, yaitu:              
1.       Sebagian komponen utama pembentuk tulang dan gigi serta memelihat ketegaran kerangka tubuh.
2.       Mengatur proses pembekuan darah.
3.       Membantu regulasi aktivitas otot-otot kerangka, jantung dan jaringan lain.
4.       Sebagai bagian dari enzim,yaitu lipse,suksinatdehidrogenase,adenosine trifosfatase dan beberapa enzim proteolitik tertentu.
5.       Kontraksi dan relaksasi otot. Tanpa kalsium semua otot akan kehilangan kemampuannya untuk berkontaksi.
6.       Membantu penyerapan vitamin B12 dan asam amino.
7.       Mengirim isyarat-isyarat ke jaringan jaringan tubuh
8.       Penyimpanandan pelepasan hormon.
9.       Pengaturan sekresi gastrin dan menjaga keseimbangan osmotic
Ø  Sumber kalsium
Sumber kalsium yang terbaik yang mudah diperoleh adalah susu, selain dari buah-buahan dan sayur hijau,salah satu hasil perairan yang kaya akan kalsium adalah ikan terutama dari bagian tulang. Namun tulang ikan ada yang berukuran besar dan keras dan juga yang berukuran kecil dan halus seperti iakan teri. Tulang yang berukuran besar dan keras tidak mungkin dikonsumsi secara langsung sehingga dibutuhkan suatu pengolahan lebih lanjut agar dapat didistribusikan ke pangan lain sebagai bahan baku sumber kalsium. Selama ini tulang ikan masih menjadi limbah dari sebagian besar industri perikanan.
Tulang ikan banyak mengandung kasium dalam bentuk kalsium pospat sebanyak 14 % dari total susunan tulang. Bentuk kompleks posfat ini terdapat pada tulang dan dapat diserap oleh tubuh dengan baik sekitar 60-70%. Unsur utama yang menyusun tulang ikan adalah kalsium,posfat dan karbohidrat, sedangkan yang terdapat dalam jumlah kecil yaitu magnasium, sodium, sitrat, dan stronsium, flurida,hydroksida dan sulfat. Kandungan mineral pada ikan tergantung pada spesies, jenis kelamin, siklus biologisdan bagian tubuh ikan yang dianalisis . kandungan mineral ikan juga tergantung pada faktor ekologis seperti musim, tempat pengembangan,jumlah nutrisi yang tersedia, suhu dan sainitas air.
Salah satu upaya untuk memanfaatkan limbah tersebut adalah dengan mengolah limbah tulang ikan menjadi tepung tulang kaya kalsium. Tepung tulang mono-kalsium dan dikalsium posfat yang ketersediannya paling tinggi dari pada sumber-sumber kalsium lainnya.
Proses pembuatan tepung tulang ikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar